Cara Pindah Faskes 1 BPJS Kesehatan

Kitaupdate.com - Cara Pindah Faskes 1 BPJS Kesehatan – Mendaftar sebagai peserta bPJS kesehatan memang membutuhkan beebrapa hal. Selain berkas atau dokumen yang dilengkapi, and ajuga harus mengenali apa itu faskes. 
Cara Pindah Faskes 1 BPJS Kesehatan

Fasilitas kesehatan ini bisa jadi adalah puskesmas, klinik atau dokter keluarga. Yang pasti faskes tingkat pertama haruslah yang berjarak dekat dengan kediaman anda. Ketika anda megnisi formuit pendaftaran, anda diharuskan memilih faskes. 

Gunanya, jika pada faskes tingkat 1 saja sakit dan keluhan anda bisa diatasi, maka tidak perlu dirujuk hingga rumah sakit. Lalu bagaimana cara pindah faskes 1 BPJS kesehatan jika memang diperlukan untuk pindah ?

Katakanlah anda sudah pindah rumah dan memiliki faskes yang jauh lebih dekat dibandinga sebelumnya. Anda bisa menggunakan cara pindah faskes 1 BPJS kesehatan ini agar tidak memiliki kendalam dalam berobat. Ada langkah dan prosedur yang harus anda lakukan. Ulasan berikut akan membantu anda.

Prosedur dan Cara Pindah Faskes 1 BPJS Kesehatan

Perlu anda ketahui bahwa pada dasarnya, Faskes yang ada pada kartu peserta BPJS anda merupakan pilihan dari pemegang kartu itu sendiri. Namun, tidak sedikit dengan peserta yang berkeinginan untuk mengganti faskes tersebut. 

Ada berbagai macam alasan, seperti:
1. Faskes yang dipilih sbeelumnya dianggap kurang tepat.
2. Tidak ada fasilitas yang mumpui sesuai dengan kebutuhan peserta.
3. Tidak mendapat pelayanan baik.
4. Jarak yang masih cukup jauh.

Banyak alasan yang digunakan peserta megnapa ingin mengganti faskes. Pihak BPJS kesehatan memang akan memperbolehkan anda namun hanya dalam 1 kali kesempatan saja. Sebab, jika anda sering mengganti faskes yang dipilih, hal ini tentu akan melakukan perubahan data berulang kali pada kartu BPJS anda. 

Cara pindah Faskes 1 BPJS kesehatan ini memiliki persyaratan seperti :
1. Membawa KTP asli.
2. Kartu peserta BPJS kesehatan.

Dua hal itu wajib anda bawa ketika mengunjungi BPJS kesehatan. Ingat bahwa cara pindah faskes 1 BPJS kesehatan ini hanya bisa dilakukan dengan offline. 

Bukan dengan cara online atau lainnya.
1. Kunjungi kantor cabang BPJS kesehatan yang ada di wilayah anda.
2. Bawa semu persyaratan.
3. Utarakan kepada petugas bahwa anda akan mengganti faskes 1.
4. Anda akan diberikan formulir penggantian faskes utnuk diisi.
5. Jika semua persyaratan anda lengkap dan alasan yang jelas, maka anda bisa menyerahkan formulir dan berkas lainnya kepada petugas.
6. Tunggu ketika proses penggantian berlangsung.

Hal lain yang juga perlu anda ketahui adalah proses penggantian ini tidak bisa berlangsung cepat. Sebab, banyak yang harus diurus terlebih dahulu oleh BPJS. Maka dari itu, pertimbangkan dengan baik ketika memilih faskes atau menggantinya. 

Anda juga harus terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan selama 3 bulan. Jika kurang dari itu, maka pengajuan anda untuk mengganti faskes tidak bisa dilakukan.

Pertimbangkan dengan baik ketika anda memilih faskes 1 pada saat pendaftaran. Jika anda terkendala informasi dan referensi, anda bisa menanyakan kepada petugas faskes 1 yang sesuai dengan kebutuhan anda. 

Umumnya, disarankan yang berjarak dekat dengan tempat tinggal anda. Tentu hal ini nantinya akan memudahkan anda dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dengan lebih baik dan cepat.
Anda memang bisa menggunakan cara pidnah faskes 1 BPJS kesehatan. 


Hanya saja, anda harus dan lebih baik mempertimbangkan dengan matang. Sebab, prosedur yang dilakukan pihak BPJS tidak sebentar. Itulah mengapa hanya bisa dilakukan melalui proses offline.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Pindah Faskes 1 BPJS Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel