-->

Cara Berobat dengan Kartu BPJS

Kitaupdate.com - Cara Berobat dengan Kartu BPJS – Dengan hadirnya BPJS kesehatan, jaminan kesehatan di tengah masyarakat membuat banyak orang tidak khawatir untuk bisa mendapatkan fasilitas kesehatan ketiak mereka sakit dan terkendala biaya. 


Tetapi, seperti yang anda ketahui memang banyak yang harus dikeluarkan BPJS kesehatan dalam menanggung biayanya. 

Oleh karena itu sangat disarankan bagi peserta bisa membayar iuran tepat pada waktunya. Ketika anda ingin menggunakan cara berobat dengan kartu bpjs, hal ini sangat memudahkan anda.

Cara berobat denga kartu bpjs baik di rumah sakit, puskesmas dan beberapa tempat yang sudah bkerja sama, bisa anda lakukan dengan mudah. Bpjs kesehatan memang meningkatkan pelayanannya dan anda bsia memanfaatkan ini. 

Apabila anda merupakan peserta yang baru mendaftar dan akan menggunakannya, berikut merupakan cara berobat dengan kartu BPJS.

Bagaimana cara berobat dengan kartu BPJS ?

Sama halnya dengan asuransi konvensional, apabila anda menginginkan semua biaya perawatan ditanggung oleh BPJS maka ada beberapa aturan dan prosedur yang harus anda lakukan. 

Cara berobat dengan kartu BPJS ini memiliki tahapan yang dilakukan terlebih dahulu misalnya :

1. Datang ke Puskesmas Setempat
Apabila anda sudah terdaftar pada BPJS Kesehatan mengalami sakit dan ingin mengklaim hak, perlu anda perhatikan bahwa anda tidak bisa langsung ke rumah sakit. Hal pertama yang harus dilakukan adalah ke faskes terdekat yang sudah anda tentukan di saat pendaftaran BPJS pertama kali. FASKES yang dimaksud adalah Puskesmas, klinik atau Dokter Keluarga anda. Namun, apabila kondisinya sudah gawat dan harus segera ke rumah sakit, anda bisa saja mendatangi rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan. Sementara pasien dikatakan darurat sendiri jika dalam kondisi sakit yang bisa menyebabkan kematian maupun cacat. Selain itu, anda harus ke faskes terlebih dahulu.

2. Pemeriksaan di Puskesmas
BPJS kesehatan menginginkan pelayanan yang prima. Artinya, jika di faskes 1 sudah bisa diobati dengan benar dan anda sembuh, maka tidak perlu dirujuk ke rumah sakit. Penangan dari bawah harus lebih optimal. Nantinya di faskes 1 ini anda bis amendapatkan rekomendasi dari dokter yang menangai. Apakah anda memerlukan rujukan ke rumah sakit atau hanya perlu diobati di puskesmas saja. Nantinya apabila puskesmas memberi rujukan untuk ke rumah sakit, maka anda bisa mendapat surat rujukan dan bawa ke rumah sakit yang ditunjuk. Hal ini merupakan langkah penting dalam menggunakan cara berobat dengan kartu BPJS.

3. Berada di Rumah Sakit Rujukan
Setelah anda berada di rumah sakit rujukan tepat waktu dan hari, anda peru membawa beberapa perlengkapan seperti Kartu BPJS Asli beserta foto copynya, foto copy KTP yang masih berlaku, fotocopy KK dan surat rujukan dari faskes 1. Cara berobat dengan kartu bpjs ini mengharuskan anda datang tepat waktu di rumah sakit rujukan yang telah ditetapkan. Sebab, jika anda terlambat maka anda perlu menunggu lama atau keesokan harinya. lengkapi berkas dan persyaratannya, datanglah tepat waktu ke rumah sakit rujukan.

Menggunakan cara berobat dengan kartu BPJS ini akan membuat anda terbeas dari biaya. Dengan catatan, anda tidak memiliki tunggakan pada iuran BPJS. Jika anda merupakan peserta mandiri. 

Sementara apabila statusnya adalah masih nonaktif atau anda masih emmiliki tunggakan karena tidak membayar dalam beberapa bulan, tetap saja anda harus membayarnya terlebih dahulu agar bisa berobat dengan kartu BPJS.


Ayo tepati waktu dalam membayar iuran BPJS agar anda bisa merasakan manfaatnya. Cara berobat dengan kartu BPJS Kesehatan ini tidak akan menyulitkan anda. Ada prosedur yang harus anda lakukan terlebih dahulu agar pelayanan tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Berobat dengan Kartu BPJS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel