Cara Pindah BPJS dari PBI ke PPU atau Sebaliknya

Cara Pindah BPJS dari PBI ke PPU atau SebaliknyaCaradaftarbpjsterbaru - Memiliki BPJS kesehatan merupakan investasi yang baik untuk masa depan. Sebab, anda tidak akan terkendala biaya jikalau membutuhkan perawatan dan pengobatan ketika sakit.
Cara Pindah BPJS dari PBI ke PPU atau Sebaliknya
BPJS kesehatan dengan status peserta PBI adalah jenis kepesertaan untuk warga miskin dan tidak mampu. Iuran per bulannya akan ditanggung oleh pemerintah. Hanya saja, status PBI ini tidak memperbolehkan peserta untuk naik kelas.

Artinya, kelas perawatanyang dimilikinya ketika berstatus PBI adalah kelas 3. Jika ingin naik kelas, maka harus dirujuk ke rumah sakit lain dan biaya perawatan harus dibayar atau ditanggung sendiri. Lalu bagaimana dengan cara pindah BPJS dari PBI ke PPU atau sebaliknya ?

Peserta PBI yang merasa sudah mampu untuk menanggung biaya atau iuran BPJSnya, maka bisa mengikuti status kepesertaan yang mandiri. Bisa juga dengan contoh kasus peserta PBI yang sudah bekerja dan akan pindah ke status PPU.

Cara pindah BPJS dari PBI ke PPU atau sebaliknya bisa dibilang tidaklah sulit. Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Prosedur dan Cara Pindah BPJS dari PBI ke PPU atau Sebaliknya

1.Cacbut Kepesertaan PBI Sebelumnya
Peserta PBI adala peserta BPJS kesehatan yang berada di kelas 3 dan pemegang kartu jamkesda, KJS, dan KIS. Sementara untuk jamkesda memang pencabutan bisa dilakukan di dinas sosial yang ada di wilayah anda. Apabila anda ingin mencabut jamkesmas dan KIS, pencabutan bis adilakukan di kanotr BPJS setempat. Tujuannya adalah tidak lain agar rekonsiliasi berikutnya, data anda tidak masuk dalam daftar penerima PBI. Pencabutan haruslah menunggu turunnya SK dari kemensos dan setiap 6 bulang sekali hasil rekonsiliasi bisa diumumkan. Dari sinilah status PBI anda akan dinonaktifkan.

2.Lakukan Pendaftaran Peserta PPU
Langkah kedua sebagai cara pindah BPJS dari PBI ke PPU atau sebaliknya adalah melakukan pendaftaran peserta PPU. Biasanya memang akan dilakukanoleh HRD atau pihak perusahaan. Anda hanya perlu menyiapkan kartu BPJS sebelumnya, daftar data tanggungan dilengkapi dengan foto berwarna 3x4 kecuali untuk balita. Siapkan KK, KTP dan surat pencabutan dari dinas sosial.

Dua langkah ini sudah cukup sebab yang nantinya akan mengurus adalah pihak perusahaan. Anda bisa menanyakan ke tempat anda bekerja dengn melengkapi persyaratan yang tertera diatas.

Sementara jika anda ingin pindah BPJS dari PPU ke PBI maka akan beda lagi. Katakanlah anda sudah tidak bekerja di perusahaan penanggung BPJS kesehatan selama ini, maka dengan otomoatis pihak perusahaan akan menonaktifkan BPJS yang ditanggung.

Apabila anda merasa tidak mampu dalam membayar iuran, maka anda bisa mendapatkan status PBI atau peserta bantuan iuran. Dimana nanti iuran akan ditanggung pemerintah. Tetapi, banyak kriteria yang harus anda lengkapi dan penuhi. Sebab, tujuannya tidak lain adalah agar bantuan ini bisa tepat sasaran dan benar – benar membantu warga yang tidak mampu dalam mendapatkan jaminan kesehatan.

Datanglah ke dinas sosial dan sampaikan anda akan mengurus PBI. Pihak dinsos akan memberikan formulir yang harus anda lengkapi datanya. Jika sesuai dan tidak memiliki kendala, status anda akan berganti ke PBI dan tetap bisa menggunakan BPJS kesehatan.

Cara pindah BPJS dari PBI ke PPu atau sebaliknya ini semoga membantu anda dalam mendapatkan fasiltias kesehatan dengan baik. Mengingat BPJS kesehatan memang dibutuhkan setiap orang sebagai investasi dan bantuan anda ketika melakukan perawatan atau pengobatan.

Baca Juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri

Pastikan status kepesertaan anda aktif selama menjadi peserta BPJS kesehatan dengan patuh membayar iuran.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Pindah BPJS dari PBI ke PPU atau Sebaliknya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel