Cara Daftar BPJS Kesehatan Ketenagakerjaan

Cara Daftar BPJS Kesehatan KetenagakerjaanCaradaftarbpjsterbaru.blogspot.com - Dalam bekerja, tentu anda menyiapkan segala sesuatu yang menguntungkan sebagai jaminan dari masa pension. Nama program BPJS ketenagakerjaan menjadi salah satu yang banyak diperbincangkan di kalangan karyawan atau pekerja.
Cara Daftar BPJS Kesehatan Ketenagakerjaan

Jika selama ini anda hanya mengethui mengenai BPJS kesehatan, maka tidak ada salahnya anda juga mengetahui apa itu bpjs ketenagakerjaan. Fungsi dan manfaatnya bisa anda rasakan. Berikut merupakan cara daftar BPJS kesehatan ketenagakerjaan.

Bpjs kesehatan dan ketenagakerjaan ini memiliki perbedaan. Untuk BPJS ketenagakerjaan mencakup 4 program yaitu program jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan kematian dan jaminan pemeliharaan kesehatan. Dari ke 4 hal ini bisa anda rasakan manfaatnya.

Maka dari itu, anda bisa melakukan cara daftar BPJS kesehatan ketenagakerjaan dibawah ini :
Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan Ketenagakerjaan Peserta Tenaga Kerja dalam Hubungan Kerja.

Perlu anda ketahui bahwa status atau golongan yang pertama ini adalah peserta yang merupakan pekerja sector formal non mandiri seperti PNS, TNI, POLRI, BUMN, BUMD, Swasta, Veteran dan lain sebagainya.

Pendaftaran dilakukan oleh perusahaan atau pemberi kerja. Beberapa persyaratan sebelum melakukan cara daftar Bpjs Kesehatan Ketenagakerjaan adalah :
1.Fotokopi atau slainan serta dokumen asli dari IUP (surat izin usaha perdagangan)
2.Fotokopi atau salinan serta dokumen asli dari NPWP perusahaan.
3.Fotokopi atau salinan serta dokumen asli dari akta perdagangan perusahaan.
4.Fotokopi atau salinan e ktp.
5.Fotokopi atau salinan dari KK masing – masing karyawan yang akan didaftarkan BPJS ketenagakerjaan.
6.Pas foto berwarna karyawan dengan ukuran 2x3 sebanyak 1 lembar.

Ada beberapa peraturanyang baru yang akan memudahkan anda dalam melakukan cara daftar bpjs kesehatan ketenagakerjaan. Misalnya untuk syarat nomor 6 yakni memakai foto. Anda bisa menanyakannya terlebih dahulu melalui call center apakah foto merupakan syarat mutlak ataukah bisa tanpa menggunakan foto.

Setelah persyaratan diatas sudah anda penuhi, kunjungi web resminya dan jangan lupa untuk mengisi alamat email. Tunggu email konfirmasi. Setelah mendapatkannya, anda bisa melanjutkan pendaftaran ke kantor cabang terdekat.

Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan Ketenagakerjaan Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja

Untuk status yang ke dua ini merupakan peserta bpjs ketenagakerjaan tanpa adanya perusahaan atau pemberi kerja. Tetapi, anda merupakan freelancer yang tetap bisa mendaftarkan diri dengan persyaratan berbeda.

Berikut ini merupakan syarat yang harus dipenuhi, seperti :
1.Bentuk wadah atau organisasi minimal beranggotakan 10 orang. Bisa dari berbagai pekerjaan sebagai freelancer atau lainnya yang tidak termasuk golongan pertama.
2.Bawa surat izin usaha dari kelurahan setempat.
3.Fotokopiatau salinan e ktp masing – masing anggota yang akan didaftarkan.
4.Pas foto berwarna masing – masing ukuran 2x3 1 lembar.

Baca Juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan Anak

Jika persyaratan sudah anda penuhi, anda bisa mengunjungi situs resmi dari BPJS ketenagakerjaan. Daftarkan menggunakan email perwakilan dari organisasi anda. Jika sudah mendapatkan konfirmasi dari pihak BPJS, selanjutnya anda harus mengunjungi kantor cabang BPJS terdekat di wilayah anda dengan membawa persyaratan yang sudah anda lengkapi.

Baca Juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk Keluarga

Gunakan cara daftar bpjs kesehatan ketenagakerjaan ini untuk menjamin dan apa-apa yang terjadi di luar perkiraan. Pastikan diri anda telah terdaftar sebagai peserta bpjs ketenagakerjaan. Baik yang merupakan status tenaga kerja dalam hubungan kerja maupun untuk status freelancer atau pekerja di luar hubungan kerja. Mari gunakan dan sukseskan program pemerintah dari BPJS, dengan gotong royong semua tertolong.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Daftar BPJS Kesehatan Ketenagakerjaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel