Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk Karyawan Swasta

Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk Karyawan SwastaCaradaftarbpjsterbaru - Anda mungkin sering mendengar kata bijak yang mengatakan bahwa kesehatan mahal harganya.

Memang, kesehatan akan terasa sangat berharga ketika kita sedang sakit atau bahkan harus menjalani pengobatan. Salah satu yang bisa menjadi alternative adalah dengan menyiapkan dan ikut jaminan kesehatan.
Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk Karyawan Swasta
BPJS merupakan langkah tepat untuk anda mendapatkan manfaatnya. BPJS kesehatan adalah upaya pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan bagi siapa saja masyarakat Indonesia termasuk bagi karyawan swasta.

Bagaimana cara daftar BPJS kesehatan untuk karyawan swasta ?

Baik pekerja dalam hubungan kerja atau pekerja di luar hubungan kerja, semuanya berhak menjadi peserta BPJS kesehatan. Yang menjadi pembeda adalah pembayaran iurannya.

Untuk anda sebagai PBPU, maka wajib membayar iuran BPJS kesehatan dengan perorangan atau secara mandiri. Berikut ini merupakan cara daftr BPJS kesehatan untuk karyawan swasta.

Persyaratan dan Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk Karyawan Swasta

Karyawan swasta atau pekerja penerima upah bisa menjadi peserta BPJS kesehatan dengan mengikut sertakan maksimal 3 anaknya yang berada pada kartu keluarga. Total anggota keluarga yang bisa ditanggung oleh pihak pemberi kerja adalah 5 orang.

Memang, BPJS kesehatan dengan cara ini lebih dikenal sebagai BPJS Kesehatan perusahaan. Sebab, iuran untuk pekerja dan anggota keluarga lainnya akan dibayarkan oleh perusahaan dengan cara memotong gaji karyawan.

Cara daftar BPJS kesehatan untuk karyawan swasta terbilang tidak rumit. 
Anda bisa menyimak beberapa tata caranya sebagai berikut :
1.Perusahaan atau badan usaha mendaftarkan seluruh karyawan atau pekerja beserta anggota keluarganya ke kantor BPJS kesehatan dengan melampirkan beberapa dokumen.
2.Dokumen yang dimaksud adalah formulir registrasi badan usaha atau badan hukum lainnya.
3.Harus dilengkapi dengan data migrasi karyawan dan anggota keluarganya yang sesuai dengan format yang ditentukan oleh pihak BPJS kesehatan.
4.Perusahaan atau badan usaha akan menerima nomor virtual account yang akan digunakan untuk pembayaran ke bank yang telah bekerja sama. Diantaranya adalah bank BNI/ Mandiri/ BRi.
5.Ketika telah didaftarkan, bukti pembayaran iuran akan diserahkan ke kantor BPJS kesehatan untuk dicetakkan kartu JKN atau mencetak e-ID secara mandiri oleh perusahaan yang bersangkutan.

Secara lebih detail, pihak perusahaan harus melakukan proses pendaftaran terlebih dahulu ke kantor cabang BPJS kesehatan yang ada di wilayah terdekat.

Jika anda merupakan pihak PIC atau HRD, maka anda harus melampirkan surat ijin badan usaha dan NPWP badan usaha. Selanjutnya anda bisa melakukan proses admintrasi pendaftaran.

Jika tidak ada kendala dalam persyaratannya, maka anda bisa mendapatkan aplikasi new e-DABU untuk melakukan entri data calon peserta oleh badan usaha dan juga melakukan perubahan data/ identitas peserta BPJS.

Selanjutnya anda bisa melakukan pendataan online untuk badan usaha yang memiliki akses internet. Gunakan username dan password yang diberikan petugas untuk bisa mengakses aplikasi.

Jika anda sudah memasukkan beberapa kelengkapan yang ada, proses selanjutnya adalah menunggu approval dari pihak BPJS kesehatan.

Jika petugas sudah selesai melakukan verifikasi data, anda bisa mengisi berita acara dan selanjutnya mendapatkan data peserta yang berhasil migrasi dan aktif jika BU sudah melakukan pembayaran tagihan iuran.

Baca Juga : Cara Daftar BPJS Kesehatan Ketenagakerjaan

Cara daftar BPJS kesehatan untuk karyawan swasta ini akan membantu anda dalam memahami proses pendaftaran offline.

Jika mengalami kendala dalam melengkapi berkas atau melakukan penginputan, anda bisa bertanya langsung kepada pihak BPJS kesehatan.

Ayo daftarkan dan aktif menjadi peserta BPJS kesehatan sebab dengan sistem gotong royong, semua tertolong. Informasi lengkap hubungi : bpjs-kesehatan.go.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk Karyawan Swasta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel