Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk Keluarga

Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk KeluargaCaradaftarbpjsterbaru.blogspot.com - Kebijakan pemerintah Indonesia yang mengeluarkan BPJS kesehatan merupakan langkah yang dirasa akan membantu setiap orang.
Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk Keluarga

Utamanya mereka yang memiliki status tidak mampu dalam mendapatkan fasilitas kesehatan dengan biaya tinggi.

Maka dari itu, pastikan anda beserta keluarga sudah menjadi peserta BPJS kesehatan. Jika belum, bagaimana cara daftar BPJS kesehatan untuk keluarga ?

Perlu anda ketahui bahwa dalam mendaftar sebagai peserta BPJS kesehatan memanglah harus seuruh anggota keluarga atau semua orang yang terdapat pada KK.

Jika pada KK anda memiliki 4 anggota, maka keempatnya haruslah didaftarkan. Beda halnya jika anda merupakan pekerja yang sudah ditanggung oleh perusahaan, maka yang mendaftarkan adalah pihak pemberi kerja.

Lantas bagaimana untuk tenaga kerja di luar hubungan kerja ? Cara daftar BPJS kesehatan untuk keluarga di luar hubungan kerja sangatlah mudah. Berikut merupakan panduan yang bisa anda simak.

Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk Keluarga

Ada banyak cara daftar BPJS keshatan untuk keluarga. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Ada cara online, offline, telepon dan juga menaruh berkas di sebuah drop atau kotak di beberapa tempat yang sudah ditunjuk oleh BPJS kesehatan. Semua cara tetap harus ingin memperhatikan persyaratannya seperti :
1.Fotokopi dan lembaran asli KK
2.Fotokopi dan lembaran asli e-ktp masing – masing anggota keluarga.
3.Fotokopi dan lembaran asli rekening bank BNI/Mandiri/BRI.

Jika persyaratan tersebut sudah anda lengkapi, anda bisa datang langsung ke kantor cabang BPJS kesehatan terdekat di wilayah anda.

Temui petugas dan utarakan keinginan anda untuk mendaftar bpjs kesehatan. Nantinya anda akan mendapatkan formulir yang harus diisi dengan benar.
1.Isi formulir sesuai dengan data yang ada.
2.Pastikan nomor kk dan e-ktp sudah ditulis dengan benar.
3.Pilih faskes yang terdekat dengan rumah anda.
4.Pilih kelas perawatan sesuai dengan kemampuan anda. Misalnya kelas 1, 2 dan 3 yang memiliki nominal iuran berbeda.

Apabila semua data sudah anda isi dengan lengkap, serahkan kepada petugas dan anda akan mendapat nomor antrian untuk melakukan verifikasi data.

Tunggu sampai nomor antrian anda dipanggil. Jika sampai pada urutan anda, petugas akan melakukan verifikasi data dan anda bisa mendapatkan nomor virtual.

1.Simpan nomor virtual dan lakukan pembayaran iuran pertama kali pada tanggal yang tertera di lembaran nomor virtual anda. Ingat bahwa BPJS kesehatan bisa aktif dalam kurun waktu 2 minggu setelah adanya pendaftaran.
2.Jika sudah pada tanggal yang ditentukan, anda bisa membayarnya di swalayan dan tempat pelayanan pembayaran BPJS dengan membawa nomor virtual tesebut.
3.Bawa bukti pembayaran ke kantor cabang BPJS kesehatan terdekat.
4.Petugas akan memeriksa dan melakukan pencetakan kartu.
5.Dengan begitu, kartu BPJS kesehatan anda sudah bisa digunakan atau berstatus aktif.

Cara daftar BPJS keshatan untuk keluarga ini bisa nda lakukan dengan cara offline atau mendatangi kantor BPJS langsung.

Jika anda memilih online, kunjungi situs resminya dan siapkan berkas atau dokumen dalam format foto untuk kemudian anda unggah.

Baca Juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan Ketenagakerjaan

Sementara cara daftar BPJS keshatan untuk keluarga dengan menelpon call center, anda bisa menghubungi call center BPJS dan menyiapkan persyaratannya.

Petugas akan menanyakan beberapa hal dan persetujuan untuk pembayaran iuran tiap bulan akan dipotong dari rekening anda.

Pastikan anda beserta keluarga telah terdaftar sebagai BPJS keshatan. Lindungi diri dan keluarga anda dengan jaminan kesehatan.

Hal ini sangat bermanfaat dari tingginya biaya yang ada ketika anda melakukan perawatan karena kondisi sakit. Ayo daftar BPJS, dengan gotong royong semua tertolong.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk Keluarga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel