Cara Daftar BPJS Kesehatan PPU

Cara Daftar BPJS Kesehatan PPU - Caradaftarbpjsterbaru.blogspot.com - Mendaftar dan jadi peserta BPJS merupakan suatu keharusan yang diharapkan bisa dilakukan tiap warga di Indonesia.

Mengingat tidak sedikit yang akhirnya mendaftar BPJS ketika sudah melakukan rawat inap dan dalam kondisi urgent.
Cara Daftar BPJS Kesehatan PPU
Padahal, aktifnya BPJS membutuhkan waktu dua minggu setelah masa pendaftaran. Baik ppu maupun bpu, anda tetap bisa menjadi pesertanya.

Ppu merupakan peserta penerima upah. Jika anda merupakan pihak perusahaan yang akan mendaftar, ada baiknya ketahui dulu bagaimana cara daftar BPJS kesehatan ppu.

Tidak jauh berbeda dengan cara lainnya. Cara daftar BPJS kesehatan ppu bisa anda lakukan dengan offline maupun online.

Jika banyak yang ingin anda tanyakan sebagai pihak pemberi kerja, sebaiknya anda melakukan cara daftar BPJS kesehatan ppu dengan offline.

Persyaratan dan Cara Daftar BPJS Kesehatan PPU

Ppu atau pekerja penerima upah merupakan karyawan yang bekerja di suatu instani negara misalnya POLRI, PNS, TNI, BUMN, BUMN dan lain sebagainya termasuk juga di perusahaan swasta.

Perusahaan sebagai pemberi upah wajib mendaftarkan anggota atau karyawannya sebagai peserta BPJS kesehatan. Beberapa tahapan yang harus dipenuhi terlebih dahulu seperti :
1.Formulir registrasi badan usaha atau badan hukum lainnya.
2.Data migrasi karyawan dan anggota keluarga sesuai dengan peraturan BPJS.
3.Adanya nomor virtual account dan tanggal pembayaran.

Perlu anda ketahui bahwa cara daftar BPJS kesehatan ppu ini dilakukan oleh pihak perusahaan. Anggota keluarga dari pihak pekerja yang ditanggun oleh perusahaan adalah bapak, ibu, anak pertama hingga ke tiga. Jika ada anak ke empat dan seterusnya maka tetap ditanggung pribadi atau mandiri.

Sebagai pihak pemberi kerja, anda bisa mendatangi langsung kantor cabang BPJS kesehatan terdekat dengan membawa persyaratan yang ada.

Cara daftar BPJS kesehatan Ppu berikutnya seperti :
1.Utarakan pada petugas bahwa anda akan melakukan registrasi BPJS kesehatan ppu. Lampirkan surat izin badan usaha dan npwp yang ada.
2.Setelah anda mengisi formulir dengan lengkap, serahkan formulir tersebut dan tunggu hingga antrian sampai pada nomor anda.
3.Jika petugas memanggil anda, nantinya akan ada nomor virtual account, user dan password untuk e-DABU. Aplikasi ini digunakan perusahaan untuk melakukan perubahan data karyawan dan melakukan entri data.
4.Akses e-ID yang berfungai hampir sama dengan kartu BPJS kesehatan.
5.Pendataan online dimana badan usaha yang memiliki akses internet.
6.Perusahaan melakukan entri data karyawan.
7.Anda harus menunggu aproval data dari pihak BPJS.
8.Jika BPJS sudah melakukan proses verifikasi data dan migrasi, sebagai pic atau HRD anda harus mengisi berita acara yang ada.
9.Anda akan mendapat nomor virtual dan berkewajiban membayar nominal yang sudah dianggarkan sesuai pendaftaran.

Apabila sudah melakukan pendaftaran pertama kali, anda bisa mencetak jartu untuk para anggota atau karyawan yang sudah anda daftarkan.

Baca Juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan PBI

Pastikan bahwa anda sudah mendapatkan hak sebagai seorang pekerja yang memiliki status peserta BPJS kesehatan aktif.

Karena bagaimanapun juga, hal ini tercantum pada pasal 15 ayat 2 terkait perusahaan yang secara bertahap wajib mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJS sesuai dengan program jaminan sosial yang diikuti.

Baca Juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk PBPU

Ayo penuhi hak dari pekerja. Daftarkan mereka untuk mendapat kemudahan fasilitas kesehatan. Cara daftar BPJS kesehatan ppu ini tidaklah rumit bagi perusahaan.

Karena dengan mengikuti BPJS, anda peduli terhadap karyawan dan keberlangsungan usaha anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Daftar BPJS Kesehatan PPU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel