Cara Daftar BPJS Kesehatan PBI

Cara Daftar BPJS Kesehatan PBICaradaftarbpjsterbaru.blogspot.com - BPJS kesehatan merupakan upaya pemerintah dalam memfasilitas masyarakat mendapatkan jaminan kesehatan dengan konsep gotong royong.

Itu sebabnya mengapa pihak BPJS tidak segan dan tidak henti – hentinya mengajak seluruh masyarakat untuk bergabung dan menjadi peserta dari BPJS kesehatan.
Cara Daftar BPJS Kesehatan PBI
Selain akan memberikan anda kemudahan, dengan patuh membayar iuran kita bisa saling menolong orang lain di luar sana yang sedang membutuhkan biaya perawatan kesehatan.

Terlepas dari itu semua, daftar BPJS memang memiliki beberapa golongan atau status. Baik yang mandiri, PBPU, PPU maupun PBI.

PBI merupakan penerima bantuan iuran dimana ini diperuntukkan bagi seluruh warga dengan status kurang mampu atau warga miskin. Bagaimana cara daftar BPJS kesehatan PBI ?

Dari BPJS PBI ini nantinya iuran akan sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah. Perlu anda ketahui bahwa cara daftar BPJS kesehatan PBI ini tidak bisa melalui kementerian kesehatan dan BPJS kesehatan langsung.

Anda diharuskan menghubungi dinas sosial kabupaten/ kota setempat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang PBI.

Persyaratan dan Cara Daftar BPJS Kesehatan PBI

Ada beberapa kriteria warga miskin penerima kartu BPJS PBI yang tentunya tidak bisa sembarang orang bisa ditanggung iurannya oleh pemerintah.

Artinya perlu klasifikasi tersendiri untuk mengetahui bahwa orang tersebut benar – benar dalam status tidak mampu.

Beberapa kriterianya seperti luas lantai bangunan tempat tinggal kurang dari 8 m2 per orang, jenis lantai tempat tinggal terbuat dari tanah/ bamboo / kayu murahan, jenis dinding terbuat dari kayu berkualitas rendah atau tembok tanpa diplester dan lain sebagainya.

Ada 9 variabel yang ditentukan dan jika terpenuhi maka suatu rumah tangga bisa dikatakan miskin dan berhak mendapatkan BPJS PBI.

Syarat untuk melakukan cara daftar BPJS kesehtan PBI seperti :
1.KK dan KTP dari seluruh anggota keluarga dalam 1 KK.
2.Surat keterangan tidak mampu pengantar dari RT, RW, kelurahan kemudian menuju kecamatan dan membuat surat keterangan tidak mampu atau SKTM.
3.Adanya surat pengantar dari pihak puskesmas yang menyatakan keperluan untuk mendaftar sebagai peserta BPJS kesehatan PBI.

Cara Mudah Daftar BPJS Kesehatan PBI

1.Siapkan terlebih dahulu fotocopy KK dan KTP minimal 2 rangkat untuk melakukan antisipasi.
2.Mintalah surat pernyataan tidak mampu dari RT dan RW serta kelurahan setempat.
3.Membuat SKTM ke kecamatan dengan membawa surat pernyataan dari pihak kelurahan.
4.Datanglah ke dinas social dengan membawa berkas yang sudah anda lengkapi.

Petugas akan memverifikasi data apakah sudah lengkap atau asih ada yang perlu anda urus. Jika lengkap dan memenuhi persyaratan, petugas akan memberikan anda kartu BPJS PBI.

Untuk kelas perawatan dan juga fasilitas kesehatan yang anda dapatkan nantinya, anda bisa menanyakannya langsung kepada petugas. Ingat bahwa BPJS kesehatan PBI ini merupakan iuran yang ditanggung oleh pemerintah.

Maka dari itu banyak kriteria yang dipersiapkan dengan ketat agar penerima BPJS kesehatan PBI ini tepat sasaran.

Hubungi dinas sosial apabila anda tidak begitu jelas mengetahui persyaratan dan apakah masuk dalam kriteria atau bukan.

Baca Juga : Cara Daftar BPJS Kesehatan Ketenagakerjaan

Segera persiapkan semua persyaratan yang ada. Baik mandiri, PPU, PBPU maupun PBI anda berhak dan seharusnya bisa terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan.

Ikuti cara daftar BPJS kesehatan PBI ini dengan baik. Hal ini sebagai jaminan agar anda bisa terbantu dalam mendapatkan fasilitas kesehatan ketika jatuh sakit.

Sedia payung sebelum hujan, dengan aktif sebagai peserta anda turut memajukan Indonesia dalam bidang kesehatan khususnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Daftar BPJS Kesehatan PBI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel