Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri

Cara Daftar BPJS Kesehatan MandiriCaradaftarbpjsterbaru - Menjadi peserta BPJS kesehatan memang sudah dianjurkan oleh banyak pihak. Selain bisa membantu anda dalam mengcover biaya pengobatan atau perawatan ketika sakit.
Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri

Jika anda merupakan pemula atau baru mengetahui akan cara pendaftaran sebagai peserta BPJS, perlu anda ketahui bahwa status kepesertaan dari BPJS memang beragam.

Ada tiga mulai dari mereka yang bukan penerima upah atau mandiri, mereka berstatus penerima upah dan mereka yang mendapatkan bantuan dari pihak dinsos. Kali ini, anda bisa menyimak bagaimana cara daftar bpjs kesehatan mandiri.

Status kepesertaan mandiri berarti anda merupakan seseorang yang mendaftar BPJS kesehatan dengan iuran sendiri. Tanpa dari pihak perusahaan atau pihak lainnya. Ada sejumlah nominal yang harus anda bayarkan tiap bulannya.

Dengan begitu, anda bisa menggunakan BPJS kesehatan dalam masa perawatan atau pengobatan ketika sakit. Berikut cara daftar bpjs kesehatan mandiri yang bisa anda lakukan.

Langkah dan Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri

Ada dua cara dalam melakukan cara daftar Bpjs Kesehatan Mandiri. Yakni dengan cara online atau offline. Sesuai namanya, anda bisa melakukan pendaftaran online dengan mengakses situs resminya.

Sementara cara offline adalah anda harus mendatangi kantor cabang terdekat untuk melakukan pendafaran BPJS kesehatan.

1.Siapkan persyaratan seperti KK, KTP elektronik anggota keluarga yang akan anda daftarkan, rekening bank untuk membayar iuran.
2.Kunjungi kantor cabang terdekat dari BPJS kesehatan.
3.Anda akan diberikan formulir yang berisi 2 lembar.
4.Isi formulir tersebut dengna data yang benar dan teliti.
5.Pastikan anda mengisi nomor KK dan KTP dengna benar, karena hal ini termasuk yang paling utama.
6.Anda juga harus mengisi fasilitas kesehatan tingkat pertama. Hal ini berfungsi untuk pelayanan dasar ketika anda sakit. Harapannya, jika di puskemas atau dokter dekat rumah anda sudah bisa menangani, maka tidak perlu adanya rujukan ke rumah sakit.
7.Pilih dan isi kelas perawatan yang anda butuhkan. Mulai dari kelas 1, II atau III. Bedanya tentu ada di pelayanan dan kamar perawatan yang anda dapatkan. Begitu juga degan nominal iuran BPJS yang harus anda bayarkan setiap bulannya.
8.Setelah anda isi dengan lengkap dan benar, serahkan kepada petugas.
9.Tunggu hingga nomor antrian anda dipanggil.
10.Petugas akan melakukan verifikasi data dari formulir yang sudah anda isi.
11.Jangan lupa menyertakan fotokopi rekening bank. Bisa mandiri, BNI atau BRI. Selain dari 3 bank itu, anda tidak bisa mendaftarkannya.
12.Anda akan mendapat nomor virtual dari petugas untuk menagktifkan bpjs kesehatan.

Jika anda sudah mendapat nomor virtual, perhatikan tanggal dimana anda harus membayarkan iuran bpjs pertama kali. Biasanya dua minggu setelah melakukan pendaftaran.

Jika anda sudah membayarnya, anda bisa mengaktifkannya di kantor cabang bpjs dan melakukan cetak kartu. Proses pendaftaran bpjs kesehatan selesai. Cara daftar bpjs kesehatan mandiri ini tergolong mudah kan ? Untuk informasi terbarunya memang tidak membutuhkan foto.

Baca Juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Terbaru

Ayo menjadi peserta bpjs kesehatan baik mandiri maupun berstatus penerima upah dair perusahaan. Cara daftar BPJS kesehatan ini akan membantu anda dalam mendaftarkan diri secara offline yakni mendatangi kantor cabang BPJS.

Jika ingin mendaftar secara online, anda bisa mengunjungi situs resminya. Yang terbaru, anda bahkan bisa mendaftar melalui telepon di call center BPJS.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel