Cara Daftar BPJS Kesehatan Bayi dalam Kandungan

Cara Daftar BPJS Kesehatan Bayi dalam Kandungancaradaftarbpjsterbaru - Menyiapkan kebutuhan untuk anak sedari kecil memang diperlukan. Apalagi jika anda memiliki anak pertama, biasanya dengan teliti dan cermat anda akan menyiapkan berbagai macam keperluannya dengan baik. 
Cara Daftar BPJS Kesehatan Bayi dalam Kandungan
Untuk urusan kesehatan, jangan lupa menjamin kebutuhan kesehatan anak anda pun yang masih dalam kandungan. Berikut ini merupakan cara daftar BPJS Kesehatan bayi dalam kandungan agar anda bayi anda bisa mendapatkan jaminan kesehatan dengan baik.

Bayi dalam kandungan sudah membutuhkan banyak hal dalam pemenuhan kesehatannya. Selain anda bisa menjaga bayi dengan asupan gizi yang cukup, jaminan keshatan juga dibutuhkan. 

Cara daftar BPJS kesehatan bayi dalam kandungan terbaru tidaklah sulit. Ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang tidak jauh berbeda dengan BPJS miliki orang tua. Selengkapnya, ikuti ulasan berikut mengenai cara daftar BPJS kesehatan bayi dalam kandungan.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Bayi dalam Kandungan dengan Benar dan Mudah

Mendaftarkan bayi dalam kandugnan untuk menjadi peserta BPJS keshatan hanya bisa anda lakukan dengan datang ke kantor cabang BPJS terdekat. Sebab, cara manual ini mnjadi satu – satunya cara. Tidak bis adilakukan secara online. Baik peserta BPJS mandiri maupun penerima upah dari anak ke 4, anda perlu memnuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Lampirkan fotokopi KTP, KK dan juga kartu BPJS ibu. 
  2. Bawa surat keterangan dokter atau bidan yang menyatakan adanya denyut jantung bayi. 
  3. Pilih kelas perawatan yang sama dengan ibu bayi. 
  4. Isi formulir data isian peserta dengan baik dan benar. 
  5. Isi NIK sama dengan nomor KK dari orang tua. 
  6. Isi tanggal lahir sesuai dengan tanggal bayi ketika anda mendaftarkannya sebagai peserta BPJS. 
  7. Untuk pembayaran iuran pertama bayi, bisa dibayarkan setelah bayi dilahirkan dalam keadaan hidup dan paling lambat 30 hari kelander sejak HPL (hari perkiraan lahir) 
  8. Perlu anda ketahui bahwa jaminan pelayanan kesehatan bayi ini berlaku sejak iuran pertama dibayarkan. 
  9. Untuk perubahan data bayi wajib anda lakukan selambatnya 3 bulan setelah kelahiran. Hal ini menyangkut nama, tanggal lahir, jenis kelamin dan NIK.
Jika beberapa langkah diatas sudah anda lakukan, anda bisa menyerahkan formulir data isian kepada petugas yang ada. Dapatkan nomor antrian. Tunggu hingga petugas memanggil nomor antrian anda dan melakukan verifikasi data.
Mendaftarkan bayi dalam kandungan sebagai peserta BPJS kesehatan merupakan upaya yang baik dan patut anda lakukan. Sebab, dengan adanya cara daftar BPJS kesehatan bayi dalam kandungan ini, harapannya ketika bayi sudah lahir bisa terpenuhi haknya dalam mendapatkan fasilitas kesehatan.

Untuk perubahan data bayi ketika sudah dilahirkan dan tidak melakukan perubahan data, maka pelyanan BPJS untuk bayi tersebut dihentikan. 

Status kepesertaannya juga dinyatakan tidak aktif. Jika anda sudah mengikuti cara daftar BPJS kesehatan bayi dalam kandungan ini, nantinya kartu BPJS kesehatan akan langsung dicetak. Pihak BPJS kesehatan membuatkan kartu sementara untuk calon bayi. 

Kelengkapan foto bayi tidak harus disertakan. Segera ikuti langkah cara daftar BPJS kesehatan bayi dalam kandungan untuk memberikan fasilitas dan pemenuhan kebutuhan bayi akan pelayanan kesehatannya. 


Mempersiapkan jaminan kesehatan anak sejak dini merupakan pilihan dan langkah tepat sebagai orang tua. Menjadi kepesertaan BPJS berarti ikut menjalankan slogannya yakni dengan gotong royong, semua tertolong.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Daftar BPJS Kesehatan Bayi dalam Kandungan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel